Jumat, 24 April 2009

SERIE MARKETING TRANCE


TULISAN YANG BERKOMUNIKASI

Di inbox banyak pertanyaan otak kanan. jadi inilah lanjutan informasinya.

Dari fakta sejarah,menulis ada bentuk komunikasi yang termuda. yang tertua, menurut yang aku pelajari dan setujui,bentuk komunikasi manusia yang pertama adalah bahasa tubuh, seperti menjentikan jari, tersenyum, berkacak pinggang dan lain sebagainya. Komunikasi bahasa tubuh di angguk oleh semesta. Alias semua bangsa memahami sama.

kemudian lahirlah kata-kata, manusia mulai berkomunikasi dalam kata. Setiap benda di beri nama itulah awal kata kata. Setiap gerak diberi nama, setiap ekspresi diberi nama. Inilah membuat bahasa dunia beragam. Penamaan benda, ekspresi, rasa berbeda.

Yang terakhir tulisan,bahasa tulisan.Ada banyak pakar bahasa tubuh yaitu ahli forensik body languange dan NLP, ada banyak pakar kata-kata yaitu ahli hypnosis, namun pakar menulis..penyihirnya penulis? Atau nabinya penulis? Yang membawa ilmu untuk di ajarkan dan dipraktekkan oleh dirinyasendiri dan diajarkan keorang lain..ada gak ya?

Rasanya belum banyak . Rasanya belum banyak yang merumuskan tulisan menjadi alat komunikasi.

sekarang kita sudah tahu,bahwa berkomunikasi itu berbeda dengan bicara.

Bicara atau ngomong semua orang bisa. Berkomunikasi adalah bicara yang menimbulkan reaksi SESUAI dengan apa yang anda maksud. Karena kata-kata itu bisa berbunga, berasosiasi, bermakna lebih dari satu. Sehingga kita bisa mengatakan pada seseorang,” Hai apa kabar..wah tambah seger aja...”kata-kata yang baru saja terucap adalah kata-kata umum, biasa saja.Tetapi lawan bicara kita bisa mengartikan “sialan, ngeledek loe..emang gue gendut apa?” katanya dalam hati. Sehingga dia menjadi tersinggung. Itulah yang disebut kata-kata bisa berbunga.

Jadi yang tersering. Dalam berkata-kata. Hanya untaian kata-kata tak bermakna. Tak menimbulkan gerak. Bahkan menimbulkan 1000 arti. Wah alangkah susahnya hidup jika arti yang ditimbulkan, arti negatif..wah, jangan sampe deh.:)

Menurut pakar kata-kata.kita harus mengenal cara kerja otak manusia.Urusan ini aku bisa-bisaan sedikit sekali. Menurut mereka,” informasi masuk dari otak kiri keotak kanan baru menjadi tindakan”. Jadi didalam komunikasi yang baik mereka mengerti ARTI SEBUAH KATA.

Misalnya kata angka “1 juta”. Itu pasti masuk kesebelah kiri. Kemudian kata “murah” masuk kesebelah kanan. informasi diatas diterima otak, seimbang. satu kiri, satu kanan.

Kemudian pakar kata-kata verbal tersebut akan menekankan kata yang langsung diterima otak kanan. seperti kata,” bayangkan anda menjadi orang yang dikenal diseluruh dunia?”. “seru khan?”, hanya anda lho diberi kesempatan ini... gampang lagi syaratnya”. Ini adalah informasi berulang-ulang keotak kanan.

kata-kata BAYANGKAN menggerakan syaraf “imaginasi” di sebelah kanan otak. SERU adalah kata yang diasosikan sebagai “emosi” yang juga ada di kanan. Hanya ANDA lho yang diberi kesempatan, ini memencet tombol “ego” manusia, benteng terakhir otak kanan sebelum menjadi tindakan..kemudian kata GAMPANG...diterima “ego” sebagai alat pendobrak menuju tindakan.

Lalu reaksi “self defense” atau bentuk pertahanan menuju terbukanya perilaku adalah “ apa untungnya buat aku?”.

Seorang pakar komunikasi akan menunggu moment ini. Dan biasanya yang dilakukan adalah memberikan IDE...”beli buku ini, dicetak khusus.hanya dibuat 100 eksemplar dan setiap pembeli akan di beritakan di jaringan yahoo dan amazon.com selama 1 minggu keseluruh pelanggan mereka yang berjumlah 1,4milyar manusia”.

Itulah kalimat yang pada setiap otak manusia diartikan SAMA yaitu :“penawaran yang tidak mungkin di tolak” karena memenuhi semua persyaratan tindakan yang dibutuhkan.

Jadi, komunikasi efektif adalah komunikasi langsung diterima otak kanan. Selamat berniaga.


Tidak ada komentar: