Senin, 27 April 2009

SERIE INTERNET MARKETING


MODERAT, MODAL DENGKUL URAT

Kalau sudah melihat peluang, pikiran saya terus saja menancap disana. Segala bayangan saya rangkai dalam pikiran. Segala informasi saya cari kemanapun. Semua orang saya interview mengenai bisnis yang saya minati. Dalam kebiasaan saya, saya memiliki sebuah pandangan mengenai sebuah bisnis.

Bisnis itu harus masuk kategori “bisnis Impian” versi saya, versi mardigu.


Bisnis Impian tersebut ada 5 kategori:

1. Blue ocean (tak banyak pemain atau unik)

2. Mudah diduplikasi, diajarkan, dikuasai

3. Bisa menghasilkan “residual income” pendapatan terus menerus

4. Bisa di wariskan, willable.

5. Modal rendah ( sdm, dana, pasar besar) dengan hasil tinggi.


Menurutku bisnis internet masuk kategori ini.

Bisnis internet yang saya akan masuk kepasar tentunya. Jadi pasti bukan model detik.com, astaga.com, kapan lagi.com, pasti bukan bukan model amazon.com atau ebay.com, juga pasti bukan search engine model yahoo & google.
Modelnya, model saya sendiri.

Begini kira-kira.
Aku kumpulkan alamat email teman-teman. Saat ini aku memiliki 50.000 email adress yang aku kumpulkan 1 tahun terakhir. Data aslinya bahkan 150 ribu alamat. Alamat tersebut diseleksi. Dipilah. Difolder. Dibagi berdasarkan, kemampuan ekonomi, usia, jenis kelamin.

Lalu, mereka di
maintain. Dipelihara. Setiap bebarapa saat paling tidak satu mingu satu kali, saya kirim JOKE, kirim berita ringan. Saya memiliki software untuk personal email. Seakan kita menulis surat pribadi. Sangat personal. Sehingga yang menerima nyaman. Bukan email yang forwards an atau yang di CC kesemua orang sehingga terkesan tidak personal.

Ini yang ada dikepala saya suatu saat lalu. Kayaknya hal mengenai WEDDING seru juga. Lalu saya kumpulan alamat wedding event, wedding rent, organizer, dimana tempat weding,bagaimana mengelola dengan EO, bagaimana mengelola sendiri wedding yang murah namun berkesan.


Dekor dan bunga, makanan dan katering hingga upacara adat semua suku, semua agama termasuk beda agama dan beda bangsa. Lengkap sekali buku tersebut. ada foto grafer,ada prewed, ada alamat2. Semua yang ada hubungannya dengan pernihkahan umumnya. Undangan souvenir juga ada.


Saya terfikir rasanya yang nikah setiap tahunnya ada ratusan ribu di indonesia, mungkin jutaan. Info ini pasti perlu. saya buat buku, lengkap dalam bentuk PDF. Kalau membuat buku cetak mahal cetaknya belum lagi gudang dan delivery wah gak sanggup deh.
Saya membuat amazon versi pdf aja.

Lalu saya sebar ke 50,000 email teman-teman. Dengan 5 macam copy writer yang mengundang. Saya pikir orang tertentu pasti menyukai pendekatan tertentu. Saya jual Rp35.000 PDF 300 halaman” WEDDING DIRECTORY: ONE IN A LIFE TIME OCCATION ”.


Saya terkejut ada 2000 lebih permohonan pembelianke email dalam 1 bulan. Ada 70juta rupiah penjualan dalam 1 bulan!.
Sungguh saya kagum dengan kekuatan pasar internet di indonesia. Hal itu 6 bulan yang lalu, sekarang istri tercinta yang mengelola.

Sebuah Bisnis Impian satu lagi hadir.

Tidak ada komentar: